Secara teoritis apa yang dikerjakan manusia merupakan titik temu antara perencanaan ideal dengan kenyataan di lapangan. Maka suatu saat selagi nasib mujur titiknya dekat dengan ideal yang direncanakan, hasilnya sukses. Tetapi sebaliknya selagi nasib baru malang titiknya condong di arah kenyataan bertolak belakang. Hasilnya bisa kurang memuaskan bahkan tidak mustahil gagal total. Kegiatan MGMP Matematika merupakan bagian diantara kegiatan manusia. Sehingga berlaku pula hukum alam tersebut. Kegiatan dirancang sedemikian rupa dengan harapan penuh menuju kemajuan dan kemashlahatan bersama. Di sisi lain, kenyataan seringkali berbicara lain. Dengan demikian menjadi kendala kegiatan. Dalam kondisi demikian menuntut kekompakan dan kebersamaan serta kesungguhan secara menyeluruh.

Dari kenyataan yang demikian berarti kesuksesan suatu kegiatan ditentukan dan bergantung dari kesungguhan dan kebersamaan semua pihak terkait. Oleh karenanya seberapa derajat kesuksesan yang diharapkan tinggal dihitung dari seberapa pula kesungguhan dan kebersamaan yang hendak diberikan. Dengan demikian sukses atau gagal bukan merupakan karya satu dua orang tetapi merupakan cerminan karya bersama. Belajar dari kepengurusan masa bhakti periode sebelumnya maka pengurus menyerahkan sepenuhnya kepada semua pihak terkait seberapa keinginan maksud dan tujuan yang diharapkan dan hendak dicapai seberapa pula partisipasi aktif yang hendak diberikan.

Visi

Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika SMP NEGERI di kabupaten Lamongan.

Misi

Meningkatkan Kompetensi Pedagogi,  Kompetensi profesi, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi sosial.

Untuk mendukung visi dan misi MGMP Matematika SMP Negeri Lamongan, maka beberapa program strategis yang menjadi prioritas, sebagai berikut.:

  1. Memotivasi guru untuk bergabung dan aktif dalam setiap kegiatan MGMP Matematika.
  2. Melaksanakan kegiatan MGMP Matematika melalui pola kerja, metode dan strategi yang lebih baik.
  3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan rofesionalisme  guru.
  4. Melakukan pendekatan terhadap lembaga terkait, baik eksekutif maupun legislatif untuk lebih memerhatikan keberadaan MGMP Matematika SMP beserta kegiatan-kegiatannya dengan memberikan dukungan dana yang dianggarkan dalam APBN dan APBD setiap tahun.
  5. Melakukan pendekatan kepada sekolah/komite sekolah untuk memberikan motivasi bagi guru-guru yang ada di sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan MGMP.
  6. Memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya guru secara berkelanjutan dalam mendukung kegiatan-kegiatan MGMP Matematika SMP Negeri Kabupaten lamongan.
  7. Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.
  8. Mendorong pihak stakeholder untuk membantu mengembangkan MGMP Matematika, misalnya sekolah, komite sekolah, MKKS, LPMP, P4TK, dan masyarakat.
  9. Menjadikan MGMP Matematika SMP Negeri Kabupaten Lamongan sebagai pilar utama bagi berkembangnya organisasi profesi guru dalam pembinaan profesionalisme guru di daerah.
  10. Menjadikan MGMP Matematika SMP Negeri Kabupaten Lamongan sebagai MGMP Percontohan di Kabupaten Lamongan dalam kegiatan peningkatan profesi guru.

Program Inti adalah program-program utama yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan     profesionalisme guru.

  1. Program rutin terdiri dari :

1.1. Diskusi permasalahan pembelajaran.

1.2. Analisis kurikulum.

1.3. Penyusunan dan pengembangan silabus, program semester, rencana program pembelajaran dan sistem Evaluasi.

1.4. Pendalaman materi.

1.5. Pelatihan terkait dengan penguasaan materi yang mendukung tugas mengajar.

1.6. Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.

  1. Program pengembangan

2.1. Penelitian, diantaranya Penelitian Tindakan Kelas/Studi Kasus.

2.2. Penulisan Karya Ilmiah.

2.3. Seminar, lokakarya, kolokium (paparan hasil penelitian),dan diskusi panel.

2.4. Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat berjenjang).

2.5. Pembuatan dan pengembangan webBlog MGMP Matematika.

2.6. Lesson study (suatu pengkajian praktik pembelajaran yang memiliki tiga komponen yaitu plan, do, see  yang dalam pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara pakar, guru  pelaksana, dan guru mitra).

  1. Program penunjang

Program Penunjang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta MGMP Matematika SMP Negeri Lamongan dengan materi-materi yang bersifat penunjang.

3.1. Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran.

3.2. Pelatihan membuat karya Media Pembelajaran Interaktif ( MPI ), contoh: ( Ms.Power Point, Adobe Flash, Geogebra, Camtasia, edmodo, dan lain-lain ).

TUGAS DAN KEWAJIBAN PENGURUS

KETUA

  1. Memimpin berorganisai dengan baik dan bijaksana
  2. Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan
  3. Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan
  4. Memimpin rapat dalam kepengurusan MGMP
  5. Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.

WAKIL KETUA

  1. Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan
  2. Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
  3. Menggantikan ketua jika berhalangan hadir dalam suatu kegiatan
  4. Membantu ketua dalam kegiatan MGMP
  5. Bertanggung jawab kepada ketua

SEKRETARIS

  1. Memberi saran/masukan kepada ketua dalam mengambil keputusan
  2. Mendampingi ketua dalam memimpin dan menyiapkan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan
  3. Menyiapkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan
  4. Bersama ketua menandatangani setiap surat
  5. Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi
  6. Bertindak sebagai notulis dalam rapat, atau diserahkan kepada wakil sekretaris.

 BENDAHARA

  1. Membuat program anggaran pendapatan dan belanja MGMP
  2. Bertanggung jawab dalam mengelola keuangan baik pemasukan/ pengeluaran/ biaya yang diperlukan
  3. Membuat tanda bukti kuitansi setiap pemasukan dan pengeluaran uang untuk dipertanggungjawabkan
  4. Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.

 SIE / BIDANG

  • Sie / Bidang Kurikulum, Pendidikan dan pelatihan:
  1. Merencanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan anggota
  2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan pada ketua
  3. Membantu kelancaran kegiatan organisasi

 

  • Sie / Bidang Humas :
  1. Merencanakan dan melaksanakan hubungan antar organisasi terkait yang relevan dengan kegiatanyang telah diprogramkan MGMP
  2. Melaksanakan Publikasi program dan hasil kegiatan serta pendistri busianya ke setiap peserta
  3. Menyiapkan dan dan menyusun pelaporankegiatan dalam bentuk dokumentasi
  • Sie / Bidang Rumah tangga :
  1. Menyiapkan keperluan pada saat pertemuan.
  2. Membantu kelancaran kegiatan organisasi

 PENUTUP

 

Demikian program kerja ini kami susun secara sederhana, bila ada saran atau kritik untuk sempurna program kerja ini.

 

 

Lamongan, 6 Agustus 2017

Ketua MGMP Matematika

Kabupaten Lamongan

  

NUR  AZIS, M.Pd

NIP. 197209172008011008

 

 

PROGRAM KERJA TAHUN 2017

 

NO

BULAN

KEGIATAN

TUJUAN

KETERANGAN

1

AGUSTUS

-       PEMBUATAN WEB MGMP

-       WORKSHOP PENAJAMAN KURIKULUM K13

MEMBUAT KKM

MEMBUAT RPP

PENILAIAN

 

2

SEPTEMBER

DARING KOMBINASI

PKB

 

3

OKTOBER

PEMBUATAN PROPOSAL LOMBA OSN MATEMATIKA

MENYIAPKAN PESERTA OSN TINGKAT PROPINSI

 

4

NOPEMBER

PEMBUATAN SOAL UAS

 

 

5

DESEMBER

LOMBA OSN MATEMATIKA

MENYIAPKAN PESERTA OSN KE NASIONAL